5 Benda Ini Bikin Konsumen Kecewa Saat Dijual Online, HATI-HATI…!!!

5 Benda Ini Bikin Konsumen Kecewa Saat Dijual OnlineBerbisnis atau berjualan secara online sekarang memang menjadi impian banyak orang. Selain kenyamanan yang bisa didapat, berjualan secara online juga dianggap memiliki potensi besar untuk menjangkau konsumen.

Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet memang membuat bisnis online sangat mungkin membuat Anda mendapatkan omset besar.

Namun meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memulai bisnis online. Satu hal penting yang perlu dicermati adalah barang atau produk yang dijual.

Daftar Produk yang Berpotensi Mengecewakan Konsumen

Memang, hampir semua barang bisa dijual online. Namun melihat prosesnya, membuat beberapa barang berisiko mempertaruhkan kepercayaan konsumen ketika dijual online.

Nah, berikut adalah beberapa item yang sangat berisiko mengecewakan konsumen ketika dijual online.

Elektronik

Item pertama yang berisiko mempertaruhkan kepercayaan konsumen ketika menjualnya secara online adalah produk elektronik. Seperti kita ketahui, umumnya barang elektronik ini memang barang pecah-belah.

Karena itu, ketika Anda menjualnya secara online dan melakukan pengiriman ke tempat yang jauh melalui ekspedisi, risiko barang yang rusak dapat muncul. Belum lagi harga yang cukup mahal untuk kategori elektronik, kekecewaan konsumen akan semakin besar jika risiko muncul.

Dari sini, Anda harus berhati-hati saat menjual barang elektronik secara online. Untuk mengatasinya, Anda dapat berkolaborasi dengan toko resmi produk elektronik yang dijual di beberapa daerah untuk pengiriman yang lebih dekat untuk meminimalkan risiko kerusakan.

Fashion

Meskipun bukan barang pecah belah tetapi produk fashion ini masih menyimpan risiko ketika dijual online. Tidak mungkin bagi konsumen untuk melihat dan menyentuh produk-produk fashion untuk menghilangkan resiko kekecewaan ketika pembelian.

Apalagi melihat harga produk fashion yang tidak murah, risiko konsumen kecewa ketika mereka menemukan pembelian yang tidak tepat akan semakin besar.

Umumnya kekecewaan yang timbul dari pembelian produk fashion online berasal dari bahan yang tidak cocok, ukuran yang tidak pas atau juga penampilan yang tidak sama dengan yang terlihat di online.

Untuk mengatasinya, Anda perlu memberikan deskripsi yang sejelas mungkin, termasuk bahan dan ukuran secara detail. Jangan lupa juga menyajikan foto-foto aktual dari produk yang Anda jual, jangan hanya mengambil gambar dari bisnis lain.

Peralatan dapur

Selanjutnya, barang atau produk yang berisiko ketika dijual online adalah peralatan dapur. Meskipun beberapa terbuat dari bahan yang rusak, sebagian besar produk dapur terbuat dari gelas. Karena banyak barang pecah-belah yang memiliki risiko rusak dan membuat konsumen kecewa.

Bagi Anda yang benar-benar khawatir tentang risikonya, maka Anda dapat mengganti produk pecahan kaca Anda untuk dijual online dengan produk yang rusak. Bahan anti pecah untuk peralatan dapur ini dapat ditemukan dalam plastik atau melamin.

Makanan dan minuman

Rata-rata produk makanan atau minuman memang memiliki waktu kedaluwarsa yang cepat. Dari waktu kedaluwarsa atau kedaluwarsa yang cepat ini, makanan dan produk minuman adalah barang yang berisiko bagi konsumen ketika dijual.

Mungkin jika pengiriman dilakukan dalam jarak dekat ini bukan masalah. Tetapi jika pengiriman dilakukan pada jarak yang sangat jauh, risiko ini akan sangat terbuka.

Jadi untuk mengatasinya, Anda perlu ekspedisi yang menjamin pengiriman cepat. Namun sayangnya jarang ada ekspedisi yang bisa menjamin pengiriman dilakukan dengan cepat. Karena dalam proses pengiriman barang ada beberapa faktor yang dapat menghambat seperti kemacetan lalu lintas, mogok dan lainnya.

Aksesoris Pecah Belah

Akhirnya, produk yang berisiko mengecewakan pelanggan saat dijual online adalah aksesori barang pecah belah. Seperti namanya, aksesoris yang bisa digunakan untuk dekorasi atau oleh-oleh memang berisiko rusak, terutama dalam proses pengiriman.

Ketika barang yang sampai pada konsumen rusak, kekecewaan pasti akan muncul. Nah untuk solusinya adalah melakukan pengemasan sebaik mungkin dan menjamin produk.

Tips Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Online

Tips Sukses Dalam Menjalankan Bisnis OnlineSeiring dengan berjalannya waktu, teknologi juga mengalami perkembangan yang pesat di mana sekarang ini Anda bisa menemukan berbagai macam teknologi yang canggih.

Internet merupakan salah satu contoh bentuk teknologi yang saat ini tentunya sudah tidak lagi asing bagi Anda, pasalnya internet sendiri saat ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Hal ini tidaklah mengherankan karena internet memang sangatlah membantu aktivitas keseharian.

Internet menjadi bentuk teknologi yang telah memberikan pengaruh yang begitu besar dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang bisnis di mana saat ini Anda telah bisa menjalankan bisnis secara online melalui bantuan internet.

Bisnis online sendiri diminati oleh banyak orang di mana saat ini bisnis online semakin menjamur. Meskipun bisnis online menawarkan banyak sekali kemudahan, namun Anda harus tetap berjuang untuk meraih kesuksesan dalam bisnis tersebut, pada kesempatan kali ini akan admin kursus toko online berikan tips sukses dalam menjalankan bisnis online.

Tips Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Online

  1. Memilih Produk Yang Tepat

Tips pertama yang harus Anda ikuti untuk bisa meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis online adalah memilih produk yang tepat untuk dijual.

Hal yang satu ini sangatlah penting untuk dilakukan agar Anda tidak kesulitan dalam menjual produk, akan lebih baik jika Anda menjual produk yang tidak mudah rusak ataupun basi sehingga akan lebih aman dalam proses pengiriman.

  1. Memajang Foto Produk Yang Menarik

Agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis online, maka Anda harus memajang foto produk yang akan dijual secara online. Namun Anda tidak boleh memajang foto produk secara asal-asalan, pilihlah foto yang menarik untuk dipasang di online shop.

Sebaiknya Anda memasang foto dari produk yang asli, bukannya foto yang Anda temukan di internet agar konsumen tidak merasa tertipu.

  1. Menampilkan Informasi Secara Detail

Salah satu hal yang harus Anda lakukan agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis online adalah menampilkan informasi secara detail.

Hal yang satu ini masih sering diabaikan oleh sebagian pebisnis online, padahal informasi sangatlah dibutuhkan oleh para calon konsumen sebelum membeli produk yang dijual, oleh karena itulah maka Anda harus menuliskan informasi produk secara detail.

  1. Berjualan di Market Place

Selain berjualan di toko online yang Anda miliki, tidak ada salahnya jika Anda juga menjual produk di marketplace. Terlebih lagi saat ini telah tersedia berbagai marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan produk seperti misalnya Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan market place lainnya. Dengan berjualan di marketplace maka Anda akan lebih mudah mendapatkan konsumen.

  1. Promosi di Media Sosial

Tips berikutnya yang juga harus Anda ikuti agar bisa meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis online adalah dengan melakukan promosi di media sosial.

Sebagai seorang pebisnis online, tentu saja Anda harus melakukan promosi secara aktif agar produk yang Anda jual lebih dikenal oleh masyarakat luas. Melakukan promosi di media sosial akan bisa memperluas pangsa pasar.

Jika Anda ingin meraih kesuksesan dalam mengelola bisnis online, maka tak ada salahnya bila Anda mengikuti tips yang ada di atas.

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Online di Instagram

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Online di InstagramSeperti yang bisa Anda lihat bahwa saat ini media sosial menjadi suatu hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Hal ini dikarenakan media sosial akan memudahkan masyarakat untuk bisa melakukan komunikasi, selain itu media sosial juga memungkinkan para penggunanya untuk membagikan status kepada orang lain.

Sekarang ini ada berbagai macam media sosial yang populer digunakan oleh masyarakat, salah satunya adalah Instagram yang saat ini begitu populer di Indonesia. Instagram sendiri merupakan media sosial yang unik dan berbeda dengan media sosial yang lainnya, pasalnya Instagram lebih dikhususkan untuk berbagi foto dan juga video dengan pengguna Instagram yang lain.

Selama ini sebagian besar masyarakat di Indonesia masih menggunakan Instagram sebagai sarana hiburan semata, namun ternyata Instagram juga bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dengan berjualan secara online di Instagram. Pada kesempatan kali ini dari admin kursus toko online akan mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan berjualan online di Instagram.

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Online di Instagram

Kelebihan Berjualan Online di Instagram

  1. Memiliki Banyak Pengguna

Salah satu kelebihan dari Instagram adalah memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak yang tersebar di seluruh penjuru dunia, hal ini tentunya tidaklah mengherankan karena Instagram merupakan media sosial yang sangat populer saat ini. Banyaknya jumlah pengguna Instagram tentu saja akan menjadi keuntungan tersendiri bagi para pebisnis online karena akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan konsumen.

  1. Memiliki Fitur Efek Foto

Sebagai seorang pebisnis online, tentu saja Anda harus menampilkan foto dari produk yang akan dijual. Instagram sendiri merupakan sebuah media sosial yang memang dirancang secara khusus untuk berbagi foto dan video sehingga tentu saja telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik foto dari produk yang akan dijual secara online.

  1. Memanfaatkan Hashtag

Kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan berjualan secara online melalui Instagram adalah bisa memanfaatkan hashtag. Meskipun terdengar sepele, namun hashtag ternyata memiliki peran yang sangat penting bagi para pelaku bisnis online yang menjual produknya melalui Instagram, Anda bisa memanfaatkan hingga 30 hashtag agar produk yang dijual lebih mudah ditemukan oleh konsumen.

Kekurangan Berjualan Online di Instagram

  1. Deskripsi Bio Terbatas

Bagi Anda yang merupakan seorang pengguna Instagram, tentunya telah mengetahui bahwa Anda tidak bisa menulis bio dengan bebas di media sosial yang satu ini. Pasalnya pihak Instagram telah membatasi penulisan bio maksimal hanya 150 karakter saja, hal ini tentu saja akan menyulitkan para pebisnis online di mana mereka harus benar-benar menulis bio dengan singkat.

  1. Spamming

Hal berikutnya yang juga menjadi salah satu kekurangan dari Instagram adalah banyaknya spam yang memenuhi kolom komentar yang mana tentu saja akan sangat mengganggu. Sekarang ini banyak ditemukan akun-akun robot yang menggunakan auto comment yang akan memposting iklan secara otomatis, hal ini diperparah dengan para pengguna yang iseng melakukan spam di kolom komentar.

Jika Anda ingin berjualan secara online di Instagram, maka alangkah baiknya apabila Anda mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Cara Mempromosikan Produk Yang Paling Efektif

Cara Mempromosikan Produk Yang Paling EfektifSetiap pelaku bisnis tentu saja ingin agar bisnis yang sedang dikelolanya bisa berkembang dan meraih kesuksesan. Namun sayangnya tidak semua pebisnis berhasil meraih kesuksesan di mana ada banyak sekali pebisnis yang gagal di tengah jalan.

Dunia bisnis sendiri memang dipenuhi dengan resiko dan juga tantangan sehingga setiap pelaku bisnis dituntut untuk berjuang dan bekerja keras agar bisa meraih kesuksesan. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi kesuksesan dalam bisnis.

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kesuksesan Anda dalam menjalankan suatu bisnis adalah promosi, pasalnya kegiatan promosi memiliki tujuan agar produk yang Anda jual menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Melakukan kegiatan promosi juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan yang mana hal ini justru akan membuat biaya promosi menjadi membengkak namun tidak tepat sasaran.

Apabila Anda adalah seorang pelaku bisnis yang ingin sukses, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara mempromosikan produk yang paling efektif seperti yang admin kursus toko online sajikan di bawah ini.

Cara Mempromosikan Produk Yang Paling Efektif

  1. Membuat Toko Online

Salah satu cara untuk mempromosikan produk yang Anda jual yakni dengan membuat sebuah toko online. Seperti yang Anda ketahui bahwa sekarang ini segala hal telah bisa dilakukan secara online melalui internet sehingga sebagai seorang pebisnis, Anda juga harus bisa memanfaatkan teknologi internet untuk mengoptimalkan bisnis yakni dengan membuat toko online sehingga pangsa pasar Anda lebih luas.

  1. Email Marketing

Beberapa waktu yang lalu, email marketing atau pemasaran melalui email mulai ditinggalkan sebagai strategi pemasaran. Namun saat ini mulai banyak pelaku bisnis yang kembali melakukan pemasaran melalui email, hal ini dikarenakan pemasaran yang dilakukan melalui email merupakan sebuah strategi yang sangat efektif dan juga tidak membutuhkan biaya yang besar untuk melakukannya.

  1. Promosi Melalui Media Sosial

Selain melakukan email marketing, Anda juga bisa melakukan promosi melalui media sosial. Perlu Anda ketahui bahwa melakukan promosi melalui media sosial merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam berpromosi karena Anda akan bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Hanya saja Anda harus memilih media sosial yang digunakan oleh banyak orang sehingga menjadi lebih efektif.

  1. Mengadakan Program Give Away

Program give away juga bisa menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk melakukan promosi, oleh karena itulah saat ini mulai banyak pebisnis online yang mengadakan program give away. Perlu Anda ketahui bahwa program give away akan mampu menarik perhatian masyarakat luas terhadap bisnis yang Anda jalankan ataupun produk yang Anda jual sehingga mereka tertarik untuk membelinya.

  1. Menjadi Sponsor

Hal kelima yang juga bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk yang Anda jual adalah dengan menjadi sponsor, cara yang satu ini juga terbukti efektif untuk memperluas pemasaran. Anda bisa menawarkan diri untuk menjadi sponsor dalam berbagai acara, namun alangkah baiknya apabila Anda memilih acara yang masih berhubungan dengan bidang bisnis yang Anda geluti.

Jika Anda ingin melakukan kegiatan promosi dengan efektif, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara yang ada di atas.

5 Keuntungan Berjualan Secara Online di Facebook

5 Keuntungan Berjualan Secara Online di FacebookTak bisa dipungkiri lagi bahwa sekarang ini media sosial memang menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat di jaman modern ini. Hal tersebut dikarenakan media sosial akan memberikan kemudahan dalam melakukan komunikasi.

Hampir bisa dipastikan bahwa saat ini setiap orang yang telah terkoneksi dengan internet juga telah memiliki akun di media sosial. Tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan Facebook, media sosial yang satu ini memang sangatlah populer di seluruh dunia.

Facebook sendiri merupakan media sosial yang dikembangkan oleh seorang pemuda asal Amerika Serikat yakni Mark Zuckerberg, media sosial yang satu ini memungkinkan para penggunanya untuk saling berbagi status dalam bentuk teks, gambar, ataupun video.

Sebagian besar orang masih menggunakan Facebook hanya sebagai hiburan, padahal media sosial yang satu ini juga bisa Anda manfaatkan untuk berbisnis. Saat ini ada semakin banyak orang yang tertarik untuk berjualan di Facebook karena akan bisa mendapatkan beberapa keuntungan seperti yang jasa kursus toko online sajikan di bawah ini.

5 Keuntungan Berjualan Secara Online di Facebook

  1. Bisa Membuat Fan Page

Salah satu keuntungan berjualan secara online di Facebook adalah bisa membuat fan page, hal ini tentu saja akan sangat membantu karena Anda tidak perlu lagi membuat akun baru untuk berjualan produk yang kemudian harus menambahkan teman ataupun konsumen yang akan memakan banyak waktu. Anda cukup membuat halaman fan page untuk mengelola bisnis online.

  1. Kualitas Foto Produk Tidak Berubah

Facebook memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan media sosial yang lain, salah satunya adalah kualitas foto yang tidak berubah setelah diunggah ke Facebook. Hal yang satu ini tentu saja akan sangat menguntungkan bagi para pebisnis online, pasalnya jika kualitas foto berubah maka tentu saja akan membuat foto produk yang Anda jual menjadi tidak terlihat menarik di mata konsumen.

  1. Bisa Mengunggah Video

Selain mengunggah foto produk, Anda juga bisa mengunggah video dari produk yang Anda jual. Jika Anda merasa bahwa foto belum bisa mewakili produk yang Anda jual, maka tidak ada salahnya apabila Anda mengunggah video dari produk tersebut. Tentu saja Anda akan menjadi lebih leluasa untuk mendeskripsikan produk yang Anda jual melalui video, Anda bisa mengunggah video berdurasi panjang di Facebook.

  1. Bisa Memasang Iklan

Keuntungan berikutnya yang bisa Anda dapatkan jika berjualan secara online di Facebook adalah bisa memasang iklan, saat ini Anda bisa memasang iklan berbayar apabila ingin berjualan melalui Facebook fan page. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan produk dalam waktu yang singkat, maka tidak ada salahnya apabila Anda melakukan promosi melalui Facebook Ads.

  1. Jumlah Pengguna Yang Banyak

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa facebook merupakan media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak saat ini, hal tersebut tentu saja akan menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis yang menjual produknya melalui Facebook. Pasalnya dengan jumlah pengguna yang banyak dan tersebar di seluruh dunia akan mampu memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan konsumen.

Facebook menjadi salah satu media sosial yang sering digunakan untuk berjualan, hal ini disebabkan karena ada berbagai keuntungan yang bisa didapat dengan berjualan di Facebook.

Tips dan Trik Membuka Usaha Modal Kecil

Tips dan Trik Membuka Usaha Modal KecilModal merupakan hal penting dalam berbisnis. Meskipun besaran modalnya terbatas, bisnis tetap bisa anda jalankan. Banyak sekali hal yang bisa anda lakukan jika bisnis dimulai dari modal kecil. Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dulu kemudian alokasikan budget sebaik mungkin.

Memangkas beberapa kebutuhan untuk hal yang lebih penting juga wajib anda ketahui. Dengan demikian meskipun modal awalnya kecil, usaha anda tetap bisa berkembang dan tak kalah dengan lainnya.

Keuntungan membuka usaha dengan modal kecil pun lebih banyak. Selain hemat, risikonya pun lebih ringan. Jika terjadi masalah di tengah jalan, kerugian pun bisa anda pangkas. Maka dari itu membuka usaha modal kecil ini menarik untuk dilakukan.

Termasuk untuk para kalangan pemula juga rekomended menjalankan usaha satu ini. Jika tertarik mencobanya,  berikut ulasan tips dan trik selengkapnya dari admin kursus toko online untuk membuka usaha modal kecil yang menarik anda coba lakukan.

Tips Membuka Usaha Modal Kecil

  1. Riset pasar

Pertama-tama anda mesti melakukan riset pasar terlebih dulu. Riset pasar bertujuan mengetahui bagaimana jenis usaha yang saat ini ramai oleh konsumen. Selain itu trend, persaingan, dan sebagainya juga bisa kita ketahui. Melakukan riset pasar juga bermanfaat untuk kita yang ingin melakukan inovasi usaha. Anda bisa melakukan survey, mencoba produk lain, hingga membaca berita-berita di berbagai media.

  1. Menghemat biaya operasional

Karena modalnya kecil, tentu saja biaya operasionalnya mesti ditekan sebaik mungkin. Biaya operasional yang ditekan bisa dialihkan ke kebutuhan lainnya. Misalnya penyediaan bahan baku sampai promosi. Rinci biaya sebaik mungkin agar modal kecil anda mampu tersalurkan dengan tepat. Jangan sampai kelebihan biaya operasional membuat stok bahan baku dan barang terhambat.

  1. Pilih lokasi tanpa perlu sewa

Kebanyakan modal usaha membutuhkan porsi besar dalam penyediaan lokasi. Saat ini sewa tempat bahkan membeli area untuk berjualan memerlukan budget besar. Oleh sebab itu, anda bisa mencoba memilih area yang tidak perlu biaya sewa. Misalnya halaman rumah atau pinggir jalan. Berjualan melalui internet bisa anda coba untuk memangkas biaya sewa lahan namun mampu memberikan impact besar pada promosi anda.

  1. Andalkan kemampuan pribadi

Jangan terburu merekrut karyawan jika usaha anda masi skala kecil. Hal ini akan membuat modal menjadi kurang begitu teralirkan. Cobalah lakukan semuanya sendiri terlebih dulu. Jika anda sudah bisa mengembangkan usaha maka saatnya merekrut karyawan. Maka dari itu sebaiknya pilih bisnis yang sesuai dengan passion atau kemampuan agar anda bisa melakukannya sendiri terlebih dulu.

  1. Pilih bahan baku murah

Modal yang minim membuat segalanya serba terbatas. Maka cobalah memilih bahan baku yang harganya terjangkau. Namun jangan sampai mengorbankan kualitas atau keamaman konsumen alih-alih ingin mendapatkan harga terjangkau. Anda bisa memilih supplier bahan baku tangan pertama untuk mendapatkan harga lebih miring. Dengan demikian biaya penyediaan lebih terpangkas.

Demikian beberapa tips dalam membuka usaha dengan modal kecil. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.