5 Benda Ini Bikin Konsumen Kecewa Saat Dijual Online, HATI-HATI…!!!

5 Benda Ini Bikin Konsumen Kecewa Saat Dijual OnlineBerbisnis atau berjualan secara online sekarang memang menjadi impian banyak orang. Selain kenyamanan yang bisa didapat, berjualan secara online juga dianggap memiliki potensi besar untuk menjangkau konsumen.

Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet memang membuat bisnis online sangat mungkin membuat Anda mendapatkan omset besar.

Namun meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memulai bisnis online. Satu hal penting yang perlu dicermati adalah barang atau produk yang dijual.

Daftar Produk yang Berpotensi Mengecewakan Konsumen

Memang, hampir semua barang bisa dijual online. Namun melihat prosesnya, membuat beberapa barang berisiko mempertaruhkan kepercayaan konsumen ketika dijual online.

Nah, berikut adalah beberapa item yang sangat berisiko mengecewakan konsumen ketika dijual online.

Elektronik

Item pertama yang berisiko mempertaruhkan kepercayaan konsumen ketika menjualnya secara online adalah produk elektronik. Seperti kita ketahui, umumnya barang elektronik ini memang barang pecah-belah.

Karena itu, ketika Anda menjualnya secara online dan melakukan pengiriman ke tempat yang jauh melalui ekspedisi, risiko barang yang rusak dapat muncul. Belum lagi harga yang cukup mahal untuk kategori elektronik, kekecewaan konsumen akan semakin besar jika risiko muncul.

Dari sini, Anda harus berhati-hati saat menjual barang elektronik secara online. Untuk mengatasinya, Anda dapat berkolaborasi dengan toko resmi produk elektronik yang dijual di beberapa daerah untuk pengiriman yang lebih dekat untuk meminimalkan risiko kerusakan.

Fashion

Meskipun bukan barang pecah belah tetapi produk fashion ini masih menyimpan risiko ketika dijual online. Tidak mungkin bagi konsumen untuk melihat dan menyentuh produk-produk fashion untuk menghilangkan resiko kekecewaan ketika pembelian.

Apalagi melihat harga produk fashion yang tidak murah, risiko konsumen kecewa ketika mereka menemukan pembelian yang tidak tepat akan semakin besar.

Umumnya kekecewaan yang timbul dari pembelian produk fashion online berasal dari bahan yang tidak cocok, ukuran yang tidak pas atau juga penampilan yang tidak sama dengan yang terlihat di online.

Untuk mengatasinya, Anda perlu memberikan deskripsi yang sejelas mungkin, termasuk bahan dan ukuran secara detail. Jangan lupa juga menyajikan foto-foto aktual dari produk yang Anda jual, jangan hanya mengambil gambar dari bisnis lain.

Peralatan dapur

Selanjutnya, barang atau produk yang berisiko ketika dijual online adalah peralatan dapur. Meskipun beberapa terbuat dari bahan yang rusak, sebagian besar produk dapur terbuat dari gelas. Karena banyak barang pecah-belah yang memiliki risiko rusak dan membuat konsumen kecewa.

Bagi Anda yang benar-benar khawatir tentang risikonya, maka Anda dapat mengganti produk pecahan kaca Anda untuk dijual online dengan produk yang rusak. Bahan anti pecah untuk peralatan dapur ini dapat ditemukan dalam plastik atau melamin.

Makanan dan minuman

Rata-rata produk makanan atau minuman memang memiliki waktu kedaluwarsa yang cepat. Dari waktu kedaluwarsa atau kedaluwarsa yang cepat ini, makanan dan produk minuman adalah barang yang berisiko bagi konsumen ketika dijual.

Mungkin jika pengiriman dilakukan dalam jarak dekat ini bukan masalah. Tetapi jika pengiriman dilakukan pada jarak yang sangat jauh, risiko ini akan sangat terbuka.

Jadi untuk mengatasinya, Anda perlu ekspedisi yang menjamin pengiriman cepat. Namun sayangnya jarang ada ekspedisi yang bisa menjamin pengiriman dilakukan dengan cepat. Karena dalam proses pengiriman barang ada beberapa faktor yang dapat menghambat seperti kemacetan lalu lintas, mogok dan lainnya.

Aksesoris Pecah Belah

Akhirnya, produk yang berisiko mengecewakan pelanggan saat dijual online adalah aksesori barang pecah belah. Seperti namanya, aksesoris yang bisa digunakan untuk dekorasi atau oleh-oleh memang berisiko rusak, terutama dalam proses pengiriman.

Ketika barang yang sampai pada konsumen rusak, kekecewaan pasti akan muncul. Nah untuk solusinya adalah melakukan pengemasan sebaik mungkin dan menjamin produk.