body { background-color: #ddb16e; } @media (max-width: 500px) { .site-header { display: none !important; } }

logo-pejuang-seoSaat ini banyak orang yang sudah mulai mengikuti kursus SEO untuk belajar bisnis online. Kesadaran untuk menerapkan optimasi pada website bisnis bisa dikatakan sebagai hal yang mutlak agar produk menarik yang Anda tawarkan lebih laku di pasaran. Mempelajari dan menerapkan SEO merupakan hal yang sudah sewajarnya dilakukan pegiat bisnis online pemula.

Di masa yang sudah serba canggih saati ini, bisnis online jadi trend lantaran sifatnya yang fleksibel bisa dikerjakan siapa saja, dari mana saja dan kapan saja selama terhubung ke internet.

Usaha ini juga semakin beragam mulai dari yang berskala kecil sederhana hingga bisnis online raksasa beromzet miliaran rupiah. Usaha yang juga tidak menuntut modal besar ini tetap menjanjikan keuntungan yang menggiurkan.

Melirik Peluang Bisnis Online Saat Ini

Penelitian para ahli menyebutkan bahwa suatu bangsa dikatakan maju jika penduduknya memiliki profesi pengusaha setidaknya 3% dari totalnya. Sementara di Indonesia, jumlah pengusahanya masih sekitar 1,65% sehingga bisa dikatakan masih belum mencukupi. Dengan hadirnya opsi bisnis online di dunia usaha, memberikan hawa segar bagi masyarakat Indonesia.

Jumlah pengguna internet Indonesia semakin meningkat seiring waktu menjadi alasan banyak korporasi besar sekelas lazada, tokopedia, bukalapak dan masih banyak startup lain berkompetisi merebut perhatian pasar Tanah Air. Bagaimanapun, peluang bagi Anda masih tetap terbuka lebar.

Bisnis online dan tantangannya

Sekedar website saja masih belum cukup untuk menjalankan bisnis dan melakukan penjualan. Sudah banyak orang terlalu percaya diri dan merilis brand di internet lalu mengharap keuntungan, dan nyatanya tidak semudah itu. Mayoritas mereka hanya membayangkan keberhasilannya tanpa mengetahui seperti apa perjuangan untuk meraihnya.

Membuat bisnis online sukses bukanlah pekerjaan gampang. Sebaik apapun produk dan layanan yang ditawarkan, tetap harus berkompetisi bersama jutaan bisnis lain yang ada di pasaran.

Setiap 60 detik, Google mengumpulkan 4 juta query, ada 2,5 juta update Facebook serta 3000 Tweet dan diantara mereka adalah bisnis online. Jangan khawatir tidak kebagian, Anda masih punya peluang.

Strategi Memenangkan Persaingan

Lalu dengan persaingan yang sedemikian ketat, bagaimana membuat bisnis online Anda lebih siap untuk bersaing? Salah satu cara memenangkan persaingan ini adalah dengan cara menerapkan strategi promosi yang baik.

Promosi sendiri merupakan kegiatan pemasaran dengan tujuan memberikan informasi produk ataupun layanan sekaligus mendorong konsumen untuk membeli produk dan layanan tersebut. Cara dan media berpromosi sendiri ada beragam dengan metode yang senantiasa berkembang.

Nah, lantaran bisnis Anda berada dalam ranah digital (online), maka jenis promosi yang dilakukan pun termasuk dalam promosi digital pula menggunakan media internet. Promosi media digital sendiri yang semakin banyak diterapkan yaitu lewat media sosial, website, mesin pencari (search engine) dan lainnya lantaran dianggap jauh lebih murah, efektif dan efisien.

Anda perlu menerapkan SEO pada promosi Anda agar lebih optimal dan sanggup bersaing dengan jutaan pebisnis online lain di seluruh dunia. Efeknya, dibutuhkannya kreatifitas berpromosi secara kontinu dan konsisten untuk mengungguli kompetitor lain.

Kesalahan yang Harus Dihindari

Meskipun sudah banyak kursus SEO serta workshop tentang bisnis online, nyatanya jumlah orang yang gagal masih lebih banyak daripada mereka yang sukses. Penyebabnya?

  1. Salah Mindset

Pola pikir yang menganggap bahwa bisnis online adalah bisnis yang cepat kaya, usaha online tidak butuh modal sama sekali atau bisnis online itu mudah dll. Pola pikir semacam inilah yang justru menghambat dan menyesatkan.

Bisnis, apapun itu membutuhkan ketelatenan dan kesabaran untuk mencapai sukses. Fokus kepada segala sesuatu yang dapat menunjang proses belajar serta praktek melaksanakan bisnis online.

  1. Target Tidak Realistis

Tak jarang pemula menentukan target profitnya hingga miliaran rupiah, padahal keuntungan yang didapat tak seberapa. Hal semacam ini juga sering membuat sebuah bisnis kandas di tengah jalan. Tentukan target terukur, masuk akal dan memungkinkan untuk dicapai barulah meningkatkan target dan seterusnya.

  1. Kurang Pengetahuan

Coba-coba dan gagal adalah hal yang wajar dialami. Namun dalam dunia bisnis online yang berhubungan dengan uang, ada pengetahuan dasar yang perlu dikuasai agar setiap kegagalan yang dialami memberikan pelajaran dan manfaat. Beberapa pengetahuan dasar yang sebaiknya dikuasai oleh mereka yang masih belajar bisnis online antara lain

  • Mengetahui jenis-jenis bisnis online,
  • Mengerti mekanisme bisnis online,
  • Mampu menjalankan salah satu dari macam bisnis online tersebut, dan lain sebagainya
  1. Tidak Fokus

Seringkali para pemula langsung menggempur segala macam bisnis online untuk mendatangkan hasil yang lebih banyak. Pilihlah satu atau dua jenis yang sesuai dengan minat dan kemampuan untuk menghindari kewalahan mengupdate.

Situs yang dikelola secara tidak fokus dan tidak serius menghasilkan konten ala kadarnya. Konten yang tak berkualitas juga berujung pada situs yang ditinggalkan pengunjung dan menjauhkan konsumen.

  1. Mentalitas

Selain mindset yang harus diatur, mental juga perlu dibangun. Bisnis apapun itu, tetap membutuhkan modal. Hanya saja nominalnya yang berbeda. Kemampuan orang untuk menebus nominal inipun berbeda.

Yang jelas, mental gratisan tidak mampu bertahan lama dalam dunia bisnis online. Segala layanan gratis biasanya akan berujung pada keterbatasan, bahkan juga ikut membatasi pola pikir Anda sendiri.

  1. Manajemen Waktu

Proses membutuhkan waktu. Begitu pula dengan perjalanan usaha Anda yang juga menuntut waktu dan tenaga. Maka dari itu, mereka yang memiliki tanggungan seperti mengurus keluarga atau kerja kantoran harus benar-benar lihai mengelola waktu untuk belajar dan praktek bisnis.

  1. Takut Berinovasi

Setelah beberapa waktu mengelola bisnis, Anda harus siap untuk menghadapi datangnya kompetitor baru dengan strategi dan teknik baru. Untuk mengejar ketertinggalan, dibutuhkan inovasi baik dari segi teknologi website (AMP misalnya), cara marketing atau mungkin gaya berkomunikasi.

  1. Malas Meningkatkan Skill

Sama halnya dengan usaha lain, Anda dituntut untuk terus meningkatkan skill serta pengetahuan. Terlebih lagi, bisnis di internet sangatlah dinamis, dengan perubahan serta peningkatan selalu terjadi secara singkat. Lantas apa yang bisa dilakukan? Umumnya adalah

  • Update cara pemasaran
  • Menguasai kanal jualan online
  • Memperbarui cara berkomunikasi bersama konsumen, dll

Pentingnya menerapkan SEO dalam bisnis online

SEO (Search Engine Optimization) adalah rangkaian cara yang dilakukan seorang webmaster terhadap website untuk meningkatkan keterlihatan website tersebut di mesin pencari, seperti Google. Website dengan ranking baik di halaman hasil pencarian Google memiliki peluang lebih baik untuk dikunjungi visitor.

Saat seseorang mengetikkan kata kunci di pencarian Google, akan ditampilkan deretan blog atau website yang ada hubungannya dengan kata kunci. Website dan blog yang sudah teroptimasi (bukan karena Google Ads) dan bertengger di urutan atas (urutan 1 s/d 4) kebanyakan lebih banyak diklik daripada hasil lain yang ada di bawahnya atau bahkan yang ada di halaman 2, 3, 4 dan seterusnya.

Beberapa manfaat saat Anda menerapkan SEO terhadap website bisnis online antara lain;

  • Meningkatkan peluang penjualan karena banyaknya orang yang mengunjungi situs Anda
  • Membuat produk dan layanan bisnis Anda semakin dikenal dan diingat oleh lebih banyak orang
  • Mendapatkan data (kontak email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) milik calon konsumen dan konsumen lama dengan lebih mudah
  • Bisnis menjadi lebih stabil.

Penggunaan SEO dalam bisnis online

Pada dasarnya, menggunakan strategi SEO untuk memaksimalkan website terdiri atas 2 kegiatan utama. Kedua hal ini adalah SEO on page dan SEO off page dan banyak diberikan dalam bermacam kursus seo pemula.

SEO on page

SEO on page adalah cara optimasi website dari segi website itu sendiri. Atau katakanlah usaha membuat website menjadi mudah dikenali oleh mesin pencari melalui berbagai cara yang dilakukan dari dalam kontennya. Elemen penting pada SEO on page ini diantaranya:

  • Menentukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung dengan cara riset keywords. Hal ini untuk membuat konten menjadi lebih relevan terhadap niche website.
  • Membuat website dalam struktur yang baik, dengan tampilan menarik namun tetap responsif
  • Menerapkan Title Tag yang baik pada homepage serta judul kontennya
  • Menyematkan Description relevan untuk website
  • Membuat konten yang benar-benar bermanfaat
  • Setting URL (permalinks) agar lebih SEO Friendly
  • Menerapkan Heading (H1, H2, H3, H4)dengan baik
  • Mendesain navigasi dalam website dengan baik
  • Membangun internal links berkualitas
  • Menyematkan keywords dalam penamaan gambar, dan lain-lain

SEO off page

Sedangkan SEO off page adalah cara optimasi website dari luar website dengan membuat jaringan links (backlinks) yang datang dari situs lain. Nah, jenis links yang biasanya digunakan untuk mendongkrak popularitas website diantaranya:

  • Link media sosial seperti Youtube, Facebook, Twitter, Google+, dan lain sebagainya
  • Link web 2.0 properties misalnya WordPress, Blogspot, Weebly dan lainnya
  • Link forum online seperti Kaskus, Forum Detik atau Forum Kompas misalnya
  • Link situs social bookmark meliputi Lintas.me, Folkd.com ataupun Diigo.com
  • Link yang didapat dari blogwalking (bertukar komentar di blog lain)
  • Link yang datang dari website dengan guest blogger, dan lain-lain

Yang tak kalah penting dalam kegiatan optimasi website adalah melakukannya secara berkala dan konsisten sebab mesin pencarian (utamanya Google) akan selalu memperbaharui algoritme pencariannya untuk memajang website paling relevan dan paling teroptimasi.

Haruskah Mempelajari SEO Sendiri?

Dengan mengetahui pentingnya SEO terhadap website dan bisnis Anda, wajar jika pertanyaan di atas terucap di dalam benak Anda? jawabannya, tidak harus. Anda pasti sudah banyak melihat penawaran jasa SEO untuk memaksimalkan website dan blog.

Banyak dari penyedia jasa tersebut yang menawarkan tarif yang kompetitif dengan layanan yang lengkap bahkan bergaransi. Namun diantara belantara penawaran tersebut, ada pula penawaran pelatihan SEO dengan biaya yang tak kalah kompetitif.

Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya juga menguasai SEO sendiri tanpa harus bergantung pada penyedia jasa optimasi tersebut. Berikut diantaranya;

Bentuk Investasi

Menguasai SEO bisa diibaratkan sebagai investasi jangka panjang sebab ada banyak manfaat yang dapat Anda rasakan untuk masa depan bisnis online yang mungkin akan digeluti selamanya. Ketika sudah memahami cara bersaing di SERP, maka apapun jenis usaha yang akan dirintis masih bisa dijangkau. Berapa kalipun gagal, Anda masih punya banyak peluang untuk kembali bangkit.

Murah

Belajar bisnis online tetap membutuhkan modal. Begitu pula dengan mempelajari dan menerapkan SEO yang pastinya juga tidak gratis. Selain membutuhkan waktu dan tenaga, Anda juga perlu menyiapkan biaya untuk menjalankan teknik baru yang telah Anda dapatkan.

Namun perlu dihitung juga bahwa menerapkan SEO masih lebih murah dibanding cara menggenjot pengunjung dan calon pembeli dari iklan sosial media, advertising, email marketing dan setaranya yang sebagian besar menuntut biaya berkelanjutan atau dengan biaya bulanan. Dibanding dengan pelatihan SEO dan penerapannya yang hanya memerlukan biaya saat melakukan pertama kali dengan biaya perawatan yang jauh lebih murah.

Peluang Mendapatkan Visitor yang Lebih Baik

Kunjungan dari calon pelanggan dari mesin pencari masih menjadi sumber kunjungan paling banyak dibanding sumber lain. Tak menutup kemungkinan bahwa trend seperti ini akan terus berlangsung sehingga tidak ada ruginya Anda menguasai sendiri ilmu SEO.

Tak sekedar mendapat kunjungan yang lebih banyak, visitor ke website Anda juga lebih berkualitas karena mereka bukanlah orang-orang yang nyasar entah dari hasil sharing media sosial atau lainnya. Mereka benar-benar sedang mencari layanan dan produk serupa yang Anda tawarkan. Visitor macam inilah yang menjadi pembeli potensial.

Lantas Bagaimana Cara untuk Belajar SEO

Sampai di bagian ini, kemungkinan Anda sudah ada niatan untuk mempelajari SEO. Masalah berikutnya adalah, dari mana Anda harus memulai. Sebelum memutuskan untuk mengikuti program belajar SEO, ada baiknya mengetahui langkah-langkah mempelajarinya.

  1. Memahami Konsep dan Pengetahuan Dasar SEO

Tentu saja sebagai awal, sebagai pondasi, sebaiknya Anda memahami dan menguasi konsep dan pengetahuan mendasar tentang SEO yang akan mempengaruhi hasil akhir pekerjaan.

  1. Melakukan Riset Kata Kunci

Memilih kata kunci menggunakan beberapa tools menjadi hal penting menerapkan SEO untuk mendapatkan kata kunci utama serta deretan kata kunci pendukung yang paling tepat dengan wesite dan menunjang bisnis online.

  1. Melakukan SEO on Page

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa tahapan dalam melakukan SEO on page. Terapkan teknik optimasi dalam website dan coba analisa apakah segala yang Anda harapkan sudah tercapai.

  1. Lanjutkan dengan SEO off page

Apabila menurut Anda halaman website sudah sesuai harapan, lanjutkan optimasi tanpa menyentuh website dimaksud untuk merangkak naik di pemeringkatan halaman hasil mesin pencarian.

  1. Content Marketing

Keberadaan konten-konten yang menjual telah membuka era baru bagi dunia SEO. Kombinasi antara SEO dengan content marketing menjadikan website Anda tak sekedar lebih terlihat, tetapi juga lebih menjual.

  1. Link Building

Membangun jaringan link mungkin termasuk ke dalam SEO off page, namun apabila dibuat tanpa menerapkan standar yang jelas dapat berujung pada penalty. Kenali dengan baik, jaringan link macam apa yang paling sesuai degan kebutuhan dan kondisi website.

  1. Evaluasi

Tahap terakhir optimasi website yaitu melakukan evaluasi secara rutin dan konsisten. Kegiatan ini dapat dilakukan menggunakan tools seperti google analitic, google webmaster tools dan lainnya. Umumnya dilakukan misalnya untuk mengetahui apakah link sudah tertanam dengan optimal ata belum.

Tips belajar SEO untuk maksimalkan bisnis online

Belajar bisnis online mungkin tidak akan terlepas dari yang namanya SEO. Untuk segera menguasainya, cara paling signifikan adalah dengan langsung praktek. Namun jika Anda masih ragu, masih ada pilihan untuk mengikuti program kursus SEO atau pelatihan SEO untuk website.

Kursus semacam ini sudah banyak digelar di berbagai wilayah antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja, Semarang, Bali, Batam, Medan, Makassar, Pekan Baru, Aceh, Palembang dan daerah lain dengan kursus seo terbaik di masing-masing wilayah.

Kursus dan pelatihan semacam ini pastinya berbayar dengan manfaat yang pastinya sudah ada dalam bayangan Anda saat ini. Uang yang akan dikeluarkan ini dapat mendatangkan manfaat jangka panjang baik bagi diri sendiri atau bahkan untuk orang-orang terdekat.

Berbekal dengan pengetahuan yang cukup dari program secamam ini, juga memberikan Anda peluang lebih diterima dalam berbagai forum maupun komunitas berbagi tentang SEO.

Demikianlah beberapa hal yang bisa Anda lakukan apabila ingin meraih kesuksesan di internet sebagai pebisnis online. Doa juga menjadi hal yang tak kalah penting untuk selalu menjaga keyakinan tetap pada jalur dan mindset yang benar. Yakinlah Anda pasti bisa melakukannya.