Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan dari Pinterest

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan dari Pinterest

Dari sejumlah fiturnya yang menggiurkan, masalah keamanan pun menjadi isu penting untuk pemakai Pinterest, yakni spam gampang menyebar di Pinterest.

Misalnya, seorang pemakai dapat mengekor (mengikuti) orang lain tanpa mesti meminta persetujuan terlebih dahulu, dan ini merupakan teknik termudah untuk para spammer guna menyebarkan sampah di sekian banyak  tempat.

Berdasarkan keterangan dari Securitynewsdaily.com, walau Pinterest telah bekerjasama dan memakai layanan antivirus Bitdefender, semua spammer tetap memandang Pinterest ialah surganya aksi tanpa mesti diganggu oleh regulasi dan pengamanan yang ada.

Bahkan di antara pelaku spam dari negara Paman Sam menuliskan dia dapat mengirim ribuan spam ke Pinterest dengan memakai ‘mainan’ robot spam otomatis miliknya.

Anehnya, dari ribuan spam tersebut, sampai saat ini, Pinterest hanya menghapus satu spam. Steve pun berkata, “Pinterest tersebut seperti mainan anak-anak, sangat gampang untuk masuk dan menyebarkan spam di sana”.

Ia pun menambahkan, “Hingga detik ini Pinterest adalah jejaring sosial yang sangat gampang menjadi ‘sampah’. Cukup mengetahui teknik kerja sistem dan teknik memperbaikinya”.

`Hingga ketika ini jumlah anggota website tersebut telah lebih dari 10 juta orang. Untungnya, semua spammer ini hanya sampah’ di dunia maya, apa jadinya andai 10 juta spammer ‘sampah’ di dunia nyata.

Kelebihan

  • Bagi pecinta fotografi, Pinterest sangat sesuai untuk kegemaran ini dan semakin tersalurkan, karena tidak sedikit sekali potret dan video yang diberikan oleh pemakai Pinterest.
  • Bagi Blogger, Anda pun dapat menggunakannya guna mempromosikan blog mereka dengan menyalurkan link blog kita (Pin URL Blog). dan juga dapat membuat Pin Channel / Kategori kita (disebut Board), sampai-sampai akan lebih gampang untuk memisahkan Pin ini mengenai Pendidikan, Teknologi, Personal dan lain-lain.
  • Dapat bertukar informasi
  • Dapat terhubung dengan seluruh orang di dunia sampai-sampai kita dapat mendapatkan tidak sedikit teman baru
  • Sudah terintegrasi dengan Facebook dan Twitter

Kekurangan

  • Masih ada sejumlah fitur yang membingungkan pemakai baru
  • Pendaftaran mesti dengan “undangan” terlebih dahulu
  • Spam merajalela
  • Masih tidak cukup populer di Facebook atau Twitter
  • Tidak mendukung bahasa Indonesia
  • Keamanan

Pemanfaatan dan Pengembangan ke depan

Sebenarnya Pinterest mempunyai potensi yang paling besar andai dapat dimanfaatkan dengan baik. Misalnya, kamu dapat mengenalkan produk kamu di Pinterest atau menampilkan karya kamu sampai produk kamu bisa dikenali secara luas oleh orang-orang di semua dunia.

Namun urusan tersebut diberi batas oleh pemakainya yang masih kecil di kalangan jejaring sosial. Bukan tidak barangkali dalam sejumlah tahun ke depan saat orang jenuh dengan Facebook atau Twitter, mereka bakal “pindah” ke jejaring sosial ini.