Tips Dalam Memilih Supplier

Tips Dalam Memilih Supplier

Memulai bisnis online bagi pemula bukan hal yang sulit, namun kadang banyak yang kesulitan memilih supplier. Jika Anda menjadi reseller, Anda harus memilih supplier yang tepat. Anda bisa menjadi reseller dengan memilih supplier yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Supplier yang berkualitas bisa membantu Anda mendapatkan produk yang berkualitas juga. Anda bisa mendapatkan supplier dengan harga murah dengan mudah, namun pastikan produk yang dijualnya benar-benar berkualitas. Kualitas produk yang Anda jual sangat menentukan kelangsungan bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Jika Anda memilih supplier sembarangan, bisa jadi mereka juga menjual produk sembarangan. Anda tidak ingin mengecewakan konsumen, bukan? Sekali konsumen mendapatkan pengalaman yang buruk dari penjual, mereka tidak akan mau lagi membeli produk tersebut sekalipun banyak promo yang ditawarkan.

Tips Memilih Supplier

Untuk mendapatkan supplier online harga murah dan berkualitas, berikut beberapa tips dalam memilih supplier:

  1. Pastikan mereka benar-benar supplier

Banyak penipuan terutama di dunia maya, jadi Anda harus benar-benar yakin bahwa supplier yang Anda pilih tersebut benar-benar supplier terpercaya. Anda bisa mendatangi langsung tempat supplier tersebut dan memastikan bahwa usaha mereka bukan abal-abal. Jika Anda tidak bisa datang langsung pada alamat supplier tersebut, Anda bisa meminta beberapa foto toko dan barang yang dijual oleh supplier yang Anda pilih.

  1. Memiliki website

Supplier yang berkualitas dan benar-benar bisa dipercaya pastinya memiliki website untuk promosi. Sekalipun tidak semua supplier yang mematok harga murah memiliki website, namun supplier yang berkualitas dan bisa bekerja sama dengan mudah adalah mereka yang memiliki website.

Pastikan supplier tersebut memiliki website dengan domain berbayar misalnya dot co dot id atau dot com. Supplier yang modern pasti memiliki website namun supplier yang tidak mengenal teknologi, mereka pada umumnya cukup menjual produknya di pasaran atau langsung kepada penjual eceran.

  1. Layanan Customer Service

Pada beberapa supplier, mereka memiliki customer service (CS) untuk memberikan pelayanan kepada konsumen atau calon pembeli mereka. Dengan adanya CS tersebut maka calon konsumen dan pelanggan bisa mendapatkan pelayanan cepat dan tepat. Supplier yang berkualitas akan menjawab pertanyaan konsumen dalam waktu yang cepat.

  1. Harga produk

Mendapatkan supplier yang menawarkan harga produk terlalu murah, hal ini perlu Anda waspadai. Sekalipun Anda nantinya bisa mendapatkan keuntungan yang besar, namun dikhawatirkan barang yang dijual supplier tersebut tidak berkualitas.

Anda bisa membandingkan harga produk yang ditawarkan oleh supplier tersebut dengan harga produk sejenis lainnya. Berhati-hatilah jika Anda mendapatkan tawaran produk yang terlalu murah dari supplier.

  1. Kuantitas barang yang dimiliki

Pastikan Anda memilih supplier yang menyediakan produk dengan berbagai model dan dalam jumlah yang cukup banyak. Supplier online dengan harga murah dan terpercaya pada umumnya menjual berbagai model produk dengan jumlah item yang banyak untuk resellernya atau dropshipnya.

  1. Kontinuitas supplier

Tips dalam memilih supplier yang terakhir, Anda harus memilih supplier yang memiliki kontinuitas dalam jangka panjang sehingga bisnis Anda juga bisa berlangsung lama.

Anda bisa membuat kontrak dengan supplier yang Anda pilih untuk beberapa waktu sehingga Anda tidak dirugikan oleh mereka. Pastinya Anda ingin menjual produk tersebut dengan lancar sehingga kontinuitas supplier memang sangat dibutuhkan.